Wednesday, June 4, 2008

gudang garam merah ganti personality?

Semalam saya menyaksikan TVC Rokok dari sebuah Brand besar sebut aja Gudang Garam. Entah kenapa pada saat melihat TVC tersebut, perasaan saya mengatakan "wah iklan Sampoerna Hijau nie."

Dari tone and manner-nya yang sangat kuat mengangkat kebersamaan, joke serta obrolan ringan yang diangkat. Semakin menguatkan image bahwa ini iklan sampoerna Hijau. Tapi di akhir iklan saya sangat terkejut sekali dengan logo Brand yang ditampilkan , YUP! Logo Gudang Garam merah dan jingglenya pun menjadi penutup iklan dengan durasi 30 detik.

Antara yakin dan tidak saya berusaha menelaah kembali, apa yang membuat Gudang Garam mengeluarkan TVC dengan tone and manner seperti itu? Strategi apa yang dipikirkan para Brand Manager serta Creativenya dengan mengganti cara berkomunikasinya?
Atau hanya rejuvenate dari Brand Gudang Garam Merah saja, atau ada kepentingan lain.

Klo saya perhatikan iklan Gudang Garam Merah terdahulu, yang mengangkat sosok laki-laki low profile, jujur dan suka membantu. (menolong nenek yang tidak mendapat tempat duduk)
Dan di Akhir TVC di perkuat dengan copy "buktikan merahmu", semakin memperlihatkan positioning dari Gudang Garam Merah adalah rokok bagi orang yang senantiasa selalu jujur, rendah hati dan suka menolong.

Namun di TVC yang baru ini, "buktikan merahmu" lebih ditekankan pada jangan "mengingkari janji yang telah kaubuat" dengan tone sedikit fun. Buktikan merahmu dengan menggunduli rambut "indah"mu.

Mungkin benar TVC ini akan menimbulkan respon yang membuat penonton refleks tertawa. Tapi mungkin sebagian orang perokok Gudang Garam merah, akan bertanya kemana personality Brand-nya yang jujur, rendah hati dan suka menolong.

ini hanya pemikiran saya lho, belum tentu benar saya kan hanya mereka-reka.
sori di youtube belom ada jadi belom bisa menampilkan di Blog.

No comments: