Tuesday, April 8, 2008

Sketsa hidup pekerja kreatif.

Pertemuan dengan teman lama, memang suatu hal yang menyenangkan. obrolan-obrolan ringan hinga becandaan yang hanya dimengerti oleh kita. Obrolan tentang design, iklan ampe obrolan tentang Roy Suryo. Pada saat obrolan berlanjut ke masalah pekerjaan terlontar deh beberapa omongan dengan nada berkeluh.


”Gila aja masa disuruh bikin Print ad tapi ga ada sharing partnernya.”

”Waduh AEnya payah nie masa ga bisa gali keinginan klien.”

”Masa gw disuruh nyari-nyari property buat syuting, emang ga tau ya klo gw lagi sibuk.”

Jadi inget jaman kuliah dulu yang semuanya dikerjain sendiri, apa-apa sendirian. Mulai dari brainstorm ide strategy dan sebagainya, corat-coret kertas ampe berlembar-lembar.

Brainstrom mulai dari jam 7 malem ampe jam 10 pagi. (huebat tenan mas iki) Asbak yang bolak balik udah dibuangin karena penuh puntung rokok.

Belum lagi klo ide dah nemu mikirin gmn layoutnya? gmn copynya? Trus belum yang mikirin ntar eksekusinya gmn yach?.

”Waduh storyboard-nya belum nie.”

property syuting nyari dimana ya?.”

Sampai mikirin jingglenya kaya gmn yach?

Klo dipikir ulang kerjaan satu agency dengan beberapa otak. Dihajar oleh satu otak dan satu tenaga klo orang sekarang nyebutnya one man show.

”Kena typus masih untung tuh daripada kena liver.”

Obrolan teman yang sering keluar pada waktu kuliah.

Sekarang saya duduk di meja sebuah agency, dengan semua fasilitas yang tersedia. Fasilitas-fasilitas tersebut membuat saya semakin manja. Membuat print ad klo copywriter lagi ga ada males!, bikin materi promosi lainnya klo materi belum lengkap ngedumel ke AE. Kadang malah ngerasa ini ga mungkin klo di kerjain sendirian.

Beberapa pikiran egois dan kemanjaan membuat saya, melompat mundur ke beberapa tahun lalu. Dimana saya berdiri sebagai individu, yang semuanya saya kerjakan sendirian. Nostalgia tentang kuliah membuat saya bangkit untuk tidak terlalu tergantung sama orang lain. Freelance salah satu pilihan saya untuk meyeimbangkan hidup, antara pekerjaan kantor yang monoton dengan kehidupan sebagai pekerja kreatif yang idealis.

Di satu sisi saya tersadar, masih banyak orang-orang yang kurang beruntung di dunia ini. Tak terkecuali teman-teman di lingkungan saya pun banyak yang meminta direfrensikan ke agency.

Jalani hidupmu lebih baik dengan bersyukur.

No comments: