Monday, November 22, 2010

Djakarta BlueJeans-ku

“aku suka bekerja seperti ini, melayani orang dengan baik membuat mereka tersenyum dan tertawa. Disitulah aku merasakan sebuah kebahagiaan, apalagi disaat mereka memuji kerjaan ku.”
“aku juga senang jalan-jalan berkeliling Jakarta, mencari kebahagiaan kecil dengan ngelihat aktivitas banyak orang…..
“Karena buat aku mengetahui sifat, perilaku dan emosi orang adalah modalku untuk kerja.”

Omongan yang keluar dari seorang waitress restoran, entah sejak kapan saya mengenal dia. Namun obrolan tersebut keluar begitu saja seolah kita sudah lama mengenal. Dia bercerita banyak hal mengenai tamu-tamunya, pengalaman yang sepele tapi dia bisa cerita dengan cukup menarik. Kemampuannya dalam meng-capture slice of life sangat luar biasa dan bisa menceritakannya kepada orang lain dengan baik.

Dia bercerita mengenai bagaimana, dia nyasar naik angkutan pertama kali pada saat datang ke Jakarta. Menceritakan hobinya yang klo lagi off dia pergi naik angkot, dan berkeliling dari satu terminal ke terminal lain. Satu hal yang menarik, yaitu dia selalu mengulang kata “little happiness”

Dan ada penggalan kalimat yang dia sampaikan membuat karakternya begitu kuat di mata saya.

“Aku suka banget berkeliling Jakarta , melihat aktifitas banyak orang, begitu juga dengan celana jeans kesayanganku ini.”
“Dia (celana jeans) selalu setia menemani aku mencari little happiness di pelosok kota Jakarta. Klo dia bisa bicara, dia akan bercerita banyak hal mengenai Jakarta….”
“Djkarta blue jeansku.”

Dia menggambarkan seluruh kehidupan Jakarta tertulis pada celana jeansnya, dan dia mengatakan jeans ini juga salah satu “little happiness”. Kehidupan serta padangan yang simple dalam mengejar sebuah kebahagiaan-kebahagiaan kecil. Beda banget dengan omongan wanita-wanita executive yang mengejar karir dengan ambisi keras, jika ditanya buat apa kerja ampe malam-malam “ya buat mengejar segenggam berlian dan sebuah tas hermes.” Dan saya hanya bisa tersenyum mendengar jawaban itu.

Dan tulisan ini salah satu "little happiness" saya.

No comments: